Baobab, Pohon Kehidupan

Posted by Baobab Indonesia Senin, 30 Desember 2013 0 komentar
Bagikan Artikel Ini :

Pohon Baobab dikenal sebagai 'Pohon Kehidupan', Pohon 'Roti Monyet', Pohon Terbalik, di Indonesia dikenal juga dengan nama Pohon Ki Tambleg dan Asam Buto. Adapun nama ilmiahnya adalah Adansonia DigitataPohonnya nampak seperti bentuk botol dengan batang yang dapat menyimpan hingga 30.000 galon air selama musim kemarau, yang berfungsi sebagai penyimpanan air untuk hewan dan desa-desa. Konon, Pohon Baobab dapat hidup sampai berusia 5000 tahun.

Pohon Baobab di Cape Verde

Pohon Baobab banyak terdapat di kawasan Afrika dan merupakan salah satu totem dari benua Afrika . yang  bernilai tinggi untuk manusia dan hewan karena menyediakan mereka dengan makanan , obat-obatan dan tempat tinggal sebagai batang-batang pohon yang lebih tua sering berlubang dan ukuran ruangan. Dalam pengobatan tradisional Afrika, Baobab digunakan untuk membantu mengobati demam, diare, disentri, malaria, cacar dan peradangan .

Pohon Baobab biasanya berbuah setahun sekali . Bijinya mengandung Omega 3 , 6 dan 9 . Sedangkan asam amino esensial terdapat dalam daging buah. daging buah mengandung vitamin C yang tinggi ( enam kali lipat dari jeruk ) juga mengandung vitamin (A, B1, B2, B6) . Juga mengandung mineral seperti kalsium, fosfor , potasium, zat besi , sodium , seng , dan magnesium  yang membuat pohon ini , pantas disebut sebagai Pohon Kehidupan .

Dalam perumpamaan penduduk Afrika  dikatakan bahwa jika kita memilih bunga Baobab kita akan dimakan oleh singa (mungkin untuk menakut-nakuti dan melindungi pohon dari gangguan anak-anak  mereka ) . Juga jika kita minum air dari Baobab kita akan aman dari buaya ( mungkin maksudnya bahwa Baobab merupakan sumber air yang lebih aman dari sungai). Luar biasa ya!

Selain hidup di daratan Afrika, ternyata pohon dari genus Adansonia Digitata ini tumbuh subur di Indonesia, tepatnya di Kabupaten Subang. Bahkan di Kabupaten Subang, pohon yang oleh masyarakat setempat disebut Ki Tambleg ini merupakan ikon konservasi lingkungan, dan dikategorikan sebagai POHON LANGKA KHAS SUBANG.

Nah, jika ingin mengetahui MANFAAT BAOBAB silakan klik di sini. Semoga bermanfaat ya!


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Baobab, Pohon Kehidupan
Ditulis oleh Baobab Indonesia
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://baobab-subang.blogspot.com/2013/12/baobab-pohon-kehidupan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Page Views